Cara Cek, Menghitung, Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Tahunan

Cara cek, menghitung & bayar pajak kedaraan bermotor mobil tanpa bpkb via aplikasi samsat online & atm 2017 bagi Anda yang telat bayar pajak atau atas nama orang lain pun bisa.

Pemerintah saat ini telah memudahkan para Wajib Pajak dalam memilih metode yang jauh lebih mudah untuk membayar pajak tepat.

Cara Cek, Menghitung, Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Tahunan

Cara Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Online

Kini membayar pajak kendaraan jadi lebih mudah dan efisien, berikut ini maaf samsat online :

  1. Untuk Samsat daring/online data lebih akurat dan up to date, sehingga mudah realisasi dan penerimanya per UPT PPD maupun secara keseluruhan lebih maksimal.
  2. Untuk Wajib Pajak tentunya memudahkan pembayaran pajak kendaraan bermotor, karena dapat bayar pajak kendaraan mobil dan motor di kantor bersama Samsat dalam 1 provinsi.

Kini, belum banyak provinsi yang dapat melayani pembayaran pajak motor dan mobil secara online, yaitu:

  1. Jawa Timur http://www.esamsat.jatimprov.go.id/
  2. Jawa Tengah http://dppad.jatengprov.go.id/
  3. Jawa Barat http://dispenda.jabarprov.go.id/e-samsat-jabar/
  4. DKI Jakarta http://samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_PKB
  5. Nangroe Aceh Darusalam http://esamsat.acehprov.go.id

Syarat dan Langkah Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor

Persyaratan yang harus dilengkapi dan dibawa saat pembayaraan pajak kendaraan bermotor (satu tahunan) adalah :

  • STNK asli dan fotokopi
  • BPKB asli dan fotokopi lembar pertama BPKB.
  • NPWP asli dan fotokopi
  • KTP asli yang masih berlaku sesuai nama di STNK dan BPKP.
  • Sejumlah uang, untuk membayar pajak tentunya.

Baca juga :

Cara buat NPWP pribadi

Cara Menghitung Pajak Kendaraan Bermotor

Anda harus memahami rumus perhitungan total biaya yang dibutuhkan untuk membayar pajak kendaraan baik motor dan mobil, jangan lupa untuk menghitung juga dendanya. berikut ini rumusnya :

Total Biaya = PKB + SWDKLLJ + Denda PKB + Denda SWDKLLJ
Denda PKB / tahun = 25% x PKB
Denda PKB / bulan = (25% x PKB) / 12

Perlu anda ketahui bahwa besaran PKB itu 1.5% dari nilai jual kendaraan bermotor (INGAT! nilai jual mobil dan motor setiap tahun ada penyusutannya), sedangkan SWDKLLJ merupakan umbangan Wajib Dana Laka Lantas (Kecelakaan Lalu Lintas Jalan) yang mana diatur oleh Jasa Raharja di disini.

Besaran nilai tersebut telah tercantum di STNK kita, jadi gak perlu dihitung sendiri.

Nilai denda SWDKLLJ saat ini Rp 32.000,- untuk sepeda motor dan Rp 100.000,- untuk mobil (mencakup kendaraan roda empat atau lebih). Ini aplikasi calculator menghitung pajak kendaraan yang lebih mudah perhitunggan nya ketimbang kita ngitung sendiri. Silahkan download aplikasi penghitung pajak disini.

app android untuk Menghitung dan mengecek Pajak Kendaraan Bermotor

Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor

1. Cek pajak kendaraan via sms

Cara mengecek pajak kendaraan bermotor via sms adalah sbb :

Info<spasi>kode plat kendaraan di Bandung/nomor polisi/kode seri plat motor atau mobill<spasi> warna plat kendaraan.

Setelah itu kirimkan kode diatas ke nomor center Dispenda Bandung yaitu 0811 211 9211.

– Kode plat kendaraan di Bandung depanya D (sesuaikan dengan daerah anda).

– Kode seri plat mobil dan motor adalah kombinasi huruf a-z (contoh HB).

– Sedangkan warna plat kendaraan bermotor terdiri dari putih/hitam/kuning/merah.

Contohnya:

Info D/7777/HB Hitam

Setelah itu kirimkan SMS tersebut ke 0811 211 9211, Anda bakal mendapat balasan SMS berupa rincian mengenai kendaraan kamu dengan besaran pajak yang harus dibayar dan tanggal jatuh tempo pembayaran pajak mobil dan motor Anda.

2. Cek pajak kedaraan lewat online

Samsat online saat ini jumlahnya masih terbatas, dan Samsat menyelenggaran layanan cek pajak kendaraan via online masih terbatas. Berikut ini daftar samsat online yang telah tersedia :

Nah kalau kendaraanmu terdaftar di atas, kamu dapat mengecek pajak kendaraan Anda melalui situs e-samsat provinsi itu.

  • Sebelum mulai cek pajak kendaraan Anda secara online, pastikan koneksi internet di wilayahmu stabil.
  • Klik situs e-samsat diatas sesuai lokasi kendaraanmu terdaftar.
  • Anda akan melihat format untuk memasukan kode polisis, nomor polisi dll..
  • Isi data sesuai dengan kendaraan bermotor milihmu. Jika benar maka informasi mengenai jumlah pajak yang harus dibayarkan dan denda pajak kendaraan nya jika ada.

3. Aplikasi cek pajak motor dan mobil

Dengan tujuan simplikasi, ada beberapa Provinsi di Indonesia yang telah memiliki aplikasi cek pajak kendaraan. contohnya sbb:

Cara mengecek pajak kendaraan bermotor via aplikasi samsat, sangat mudah ya. Setelah instalasi aplikasi selesai, silahkan login dan masukan plat kendaraan, nomor polisi dan data yang dibutuhkan seperti contoh diatas.

4. Cara cek pajak kendaraan melalui Kantor Samsat

Untuk cek pajak kendaraan lewat kantor samsat, siapkan dokumen yang diperlukan, seperti :

  • KTP asli dan fotokopi.
  • BPKB asli dan fotokopi lembar pertama BPKB.
  • STNK asli dan fotokopi.
  • Bukti Pemnbayaran Kendaraan Bermotor (PKB) terakhir.

Setelah semua dokumen sudah disiapkan, silahkan mengambil dahulu nomer antrian, setelah anda dipanggil segeralah menemui staff kantor samsat pada loket yang tersedia.

Jika ternyata ingin mengecek jumlah pajak kendaraan yang ingin dibayarkan. Sebaiknya anda mempersiapkan sejumlah duit untuk membayar pajak kendaraan, agar anda tidak perlu mondar mandiri ke atm lagi untuk mengambil duit.

Cara Membuat NPWP Pribadi dan Syarat Pengurusannya Untuk Melamar Kerja

Cara membuat/mendaftar/bikin NPWP pribadi, perorangan, perusahan & cek syarat mengurusnya secara online 2017 & offline bagi karyawan yang belum bekerja untuk melamar kerja.

Cara Membuat NPWP Pribadi dan Syarat Pengurusannya Untuk Melamar Kerja

 

Syarat Membuat NPWP Pribadi

Ada pun syarat bagi seseorang Wajib Pajak apabila telah memiliki penghasilan dalam satu tahun yang melebihi Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP), atau bagi yang belum bekerja pun dapat mengajukan pembuatan NPWP untuk membuka rekening bank.

Ketentuan ini berlaku untuk semua orang pribadi, baik yang sudah berkeluarga atau belum. Tapi, untuk wanita sudah menikah yang tidak belum perjanjian pisah harta dan pisah penghasilan dengan suaminya tidak valid atau wajib memiliki NPWP untuk memulai usaha kecil.

Seperti contoh batas maksimum PTKP bagi perseorangan di Indonesia sejumlah Rp54.460.000 per tahun atau Rp4.520.000 per bulan. So, jika pendapatan Anda melebihi batas atas PTKP tersebut, Anda telah memenuhi persyaratan sebagai Wajib Pajak dan mempunyai NPWP.

Dokumen/berkas yang harus dipersiapkan untuk pembuatan NPWP bagi Wajib Pajak Pribadi yang tidak memiliki pekerjaan atau usaha:

– Fotokopi KTP (Warga Negara Indonesia/WNI) atau
– Fotokopi paspor, Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS), atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP) (Warga Negara Asing/WNA).
– Fotokopi dokumen izin kegiatan usaha yang diterbitkan instansi berwenang atau surat keterangan tempat kegiatan usaha atau pekerjaan bebas dari Pejabat Pemerintah Daerah – (Pemda) minimal setingkat Lurah atau Kepala Desa atau lembar tagihan listrik/bukti pembayaran listrik.
– Surat pernyataan di atas materai bahwa WP benar-benar menjalankan usaha atau pekerjaan bebas.
– Wajib Pajak (WP) Pribadi wanita kawin yang ingin hak dan kewajiban perpajakannya terpisah.

– Fotokopi Kartu NPWP suami (Untuk Istri)
– Fotokopi Kartu Keluarga.
– Fotokopi surat perjanjian pemisahan penghasilan dan harta atau surat pernyataan menghendaki hak dan kewajiban perpajakan terpisah dari hak dan kewajiban perpajakan suami.
Sekarang Anda sudah tahu apakah Anda termasuk Wajib Pajak atau bukan. Jika iya, langkah selanjutnya adalah mendaftar untuk pembuatan NPWP Pribadi. Berikut akan dijelaskan tata caranya secara ringkas.

syarat membuat npwp pribadi untuk yang belum kerja

Cara Mendaftar NPWP Pribadi

Cara mendaftar dan membuat NPWP Pribadi kini lebih mudah, ada dua cara bagi Anda untuk mendaftar, yakni secara online dan secara offline yang disediakan Dirjen Pajak.  Anda dapat memilih mana memudahkan anda dalam pengurusannya.

Pembuatan NPWP Pribadi Secara Online

Guna kelancaran Wajib Pajak dalam membikin NPWP, Dirjen Pajak telah mensosialisaikan cara pendaftaran NPWP melalui internet dengan e-Registration (E-REG DJP), ikuti langkah=langkah di bawah ini :

1. Kunjungi website resmi Dirjen Pajak di ereg.pajak.go.id untuk membuat akun personal di laman Dirjen Pajak tersebut.

2. Setelah buat akun, silahkan login dan pilih menu sistem e-Registration.
3. Jika belum memiliki akun silahkan register dulu serta isilah data diri pengguna dengan benar seperti nama, alamat email, password, dan lainnya.

3. Lakukan konfirmasi pembukaan Akun dengan cara  membuka kotak masuk (inbox) E-mail yang digunakan saat mendaftar tadi, kemudian buka email yang masuk dari Dirjen Pajak. Ikutilah petunjuk yang tertera pada email tersebut saat melakukan aktivasi.

4. Setelah aktivasi berhasil, isilah formulir pendaftaran NPWP dengan cara login ke sistem e-Registration menggunakan email dan password akun yang dibuat tadi. Setelah login, Anda otomatis masuk ke halaman registrasi untuk memulai pembuatan NPWP. Harap mengisi semua data di formulir yang tersedia. Harap teliti kembali data yang diisi, setelah itu akan ada surat keterangan terdaftar sementara.

5, Kirimkan formulir pendaftaran dengan cara klik tombol daftar untuk mengirim Formulir Registrasi NPWP secara elektronik yang ditujukan ke Kantor Pelayanan Pajak dimana Wajib Pajak terdaftar.

6. Selanjutnya, Anda diwajibkan untuk mencetak/print Formulir registrasi dan surat keterangan terdaftar sementara. Caranya adalah dengan CTRL+P.
7. Setekah semua dokumen di print, diharapkan untuk menandatangani formulir registrasi NPWP tersebut dan lengkap semua persyaratan seperti yang tertera diatas dan simpan berkas tersebut di sebuah map atau folder.

8. Kirimkan Formulir Pengurusan NPWP ke KPP. Harap periksa kembali semua kelengkapan berkas, sebelum mengirimkan Formulir pengurusan Wajib Pajak dan Surat Keterangan Terdaftar Sementara yang telah ditandatangani, bersama dengan dokumen lengkap ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) atau cara cepat nya adalah dengan menscan berkas pengurusan wajib pajak tersebut, dan login ke ereg.pajak.go.id setelah itu dapat diupload.

9. Pembuatan NPWP paling lama 5 hari kerja anda sudah dapat lansung mengambil nya di Kantor Pelayanan Pajak yang terdekat di kota Anda.

Cara Bikin NPWP Pribadi Secara Offline

Untuk pembuatan NPWP baik Pribadi maupun perusahaan, syaratnya sangat mudah. Anda hanya perlu mendatangi Kantor Pelayaan Pajak terdekat di kota Anda, setelah tiba silahkan tanyakan dulu pada satpam bahwa anda ingin membuat NPWP.

1. Menyambangi Kantor Pelayanan Pajak

Setelah tiba di Kantor Pajak terdekat, silahkan bertanya dulu ke CS di lobby. Biasanya dari situ anda akan dipandu untuk mengambil nomor antrian dan sambil menggu antrian, Anda dapat mengisi formulis Registrasi pembuatan NPWP.

2. Jika sudah dipanggil, bilang aja sama Mas/Mbak nya bahwa ingin membuat NPWP Pribadi. silahkan serahkan formulir atau berkas yang telah anda isi tadi beserta dengan persyaratan yang sudah anda siapkan dari rumah. Jika proses nya selesai, untuk mendapatkan kartunya itu biasa sih instan, tetapi jika di daerah yang Pelayanan Pajak rame, biasanya dibutuhkan waktu 1×24 sudah jadi.

Cara Mengecek NPWP Valid, Masih Aktif atau Tidak

Bagi para pengusaha, kontraktor, dan pemilik bisnis lainnya, Anda diwajibkan untuk rutin mengecek kartu NPWP anda apakah valid, masih aktif atau mungkin sudah tidak berlaku. Caranya sangat mudah, datangi saja Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di daerah anda. Setelah itu silahkan ambil nomor antri dan tanyakan lansung kepada Staff yang bertugas pada saat itu.

Seiring dengan pemkembangan teknologi yang serba digital kini kita sebagai Wajib Pajak diberikan berbagai kemudahan untuk membuat NPWP Pribadi baik bagi yang belum bekerja maupun bagi kalan profesional. Tentunya sebagai bagian dari Bangsa Indonesia, peran akif Anda dan saya tentunya sedikit banyak sayang mempengaruhi pendapatan Negara. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.